Home » » Ayo, Bersahabat Dengan Badak Jawa!

Ayo, Bersahabat Dengan Badak Jawa!

Badak Jawa atau biasa disebut Badak Bercula Satu (Rhinoceros sondaicus) adalah salah satu spesies badak yang sangat langka dan termasuk dalam kategori Critically Endangered atau kategori terancam punah. Badak Jawa kini hanya ada di daerah Jawa, dan kini populasinya tak lebih dari 50 ekor saja di Taman Nasional Ujung Kulon yang terletak di provinsi Banten (dulu termasuk provinsi Jawa Barat).

Populasi Badak Jawa atau Badak Bercula Satu ini mulai berkurang sejak maraknya perburuan untuk diambil culanya, yang sangat berharga pada pengobatan tradisional Tiongkok, dengan harga sebesar $30.000 per kilogram di pasar gelap. Berkurangnya populasi badak ini juga disebabkan karena kehilangan habitat aslinya, yang mulai tergusur oleh adanya pembangunan diwilayah populasi yang tidak dibarengi dengan kesadaran akan populasi Badak Bercula Satu yang hampir punah tersebut.


Gambar 1 — Foto Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus). (sumber: WWF Indonesia)

Maka, disinilah peran kita sebagai orang-orang yang peduli untuk men-Dukung Pelestarian Badak Jawa. Jika tidak, maka diperkirakan dalam 50 tahun kedepan anak cucu kita kelak hanya bisa melihat Badak Jawa dari foto dan rekaman video saja. Miris sekali bukan?

Berikut beberapa informasi yang saya dapat dari situs WWF Indonesia tentang Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus):

Populasi dan Distribusi Badak Jawa
Badak Jawa pernah hidup di hampir semua gunung-gunung di Jawa Barat, diantaranya berada hingga diatas ketinggian 3000 meter diatas permukaan laut. Pada tahun 1960-an, diperkirakan sekitar 20 sd 30 ekor badak saja tersisa di TN Ujung Kulon. Populasinya meningkat hingga dua kali lipat pada tahun 1967 hingga 1978 setelah upaya perlindungan dilakukan dengan ketat, sebagian dilakukan dengan dukungan dari WWF-Indonesia. Sejak akhir tahun 1970-an, jumlah populasi Badak Jawa tampaknya stabil. WWF-Indonesia memperkirakan populasi Badak Jawa di Ujung Kulon berada dalam kisaran 29 - 47 individu dengan nilai rata-rata 32 ekor (data tahun 2009-2010) yang kemudian dilanjutkan oleh Balai Taman Nasional Ujung Kulon (BTNUK) di tahun 2011 dengan, informasi perkiraan populasi Badak Jawa pada bulan Feb-Nov 2011, jumlah populasi perkiraan 35 individu, hasil dari kamera jebak yang telah teridentifikasi terdiri dari 22 individu Jantan, 13 Individu Betina dan 4 individu anak Badak terdiri dari 3 Jantan dan 1 Betina.


Gambar 2 — Peta persebaran Badak Jawa. (sumber: Wikipedia)

Ciri-ciri Fisik Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus)
●Umumnya memiliki warna tubuh abu-abu kehitam-hitaman.
●Hanya memiliki satu cula, dengan panjang sekitar 25 cm namun ada kemungkinan tidak tumbuh atau sangat kecil sekali pada betina.
●Berat badan seekor Badak Jawa dapat mencapai 900 - 2300 kg dengan panjang tubuh sekitar 2 - 4 m.
●Tingginya bisa mencapai hampir 1,7 m.
●Kulitnya memiliki semacam lipatan sehingga tampak seperti memakai tameng baja.
●Memiliki rupa mirip dengan badak India namun tubuh dan kepalanya lebih kecil dengan jumlah lipatan lebih sedikit.
●Bibir atas lebih menonjol sehingga bisa digunakan untuk meraih makanan dan memasukannya ke dalam mulut.
●Badak termasuk jenis pemalu dan soliter (penyendiri).


Dengan men-Dukung Pelestarian Badak Jawa berarti kita juga mendukung pelestarian fauna asli Indonesia, karena populasinya kini hanya ada di Indonesia, tepatnya di Taman Nasional Ujung Kulon.


Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) dulu pernah menjadi badak yang tersebar di Asia, meskipun namanya Badak Jawa tapi dahulu populasinya tidak hanya sebatas di daerah Jawa saja. Di seluruh Asia Tenggara, India dan Tiongkok juga pernah jadi populasi Badak Jawa, tapi kini Badak Jawa hanya ada di Indonesia, yaitu Taman Nasional Ujung Kulon.

Sangat disayangkan jika populasi hewan langka yang satu ini menjadi musnah, berarti bertambah satu lagi spesies hewan yang telah punah dimuka bumi ini. Semoga hal ini tidak akan pernah terjadi. Ayo, bersahabat dengan Badak Jawa. Mari Dukung Pelestarian Badak Jawa.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.



2 komentar:

  1. Keren dan lengkap artikelnya. Silahkan main-main ke blog saya. Andi Kata :

    BalasHapus

KEEP IN TOUCH

Followers

Tahukah kamu blog ini ada karena peran AdSense atau iklan?

Tolong matikan Adblock kamu khusus di blog ini jika kamu menghargai tulisan Saya.

Terima kasih! ^^

×